Lembah Cinta Mattabulu merupakan salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga untuk melepas penat. Waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah ketika bulan September hingga desember. Pasalnya, ketika bulan tersebut, Anda akan menyusuri jalan mendaki yang penuh dengan daun berguguran. Selama pendakian ringan tersebut, maka deretan pohon pohon jati yang dalam fase menggugurkan daunnya akan tampak sangat cantik. Selain itu waktu itu juga adalah waktu proses acara adat yang ada di desa mattabulu.

Daun yang sebagian besar telah berwarna kuning tersebut akan menambah nuansa wisata ini bak musim gugur. Menuju ke kawasan ini, Anda akan dapat menyusuri jalanan dengan pendakian yang tidak terlalu ekstrim. Anda akan terus mendaki hingga mendekati lokasi dari Lembah Cinta ini. Melalui Kantor Desa Mattabulu, maka selanjutnya Anda akan memasuki kawasan hutan yang didominasi dengan pohon pinus.

Sesampainya di depan lokasi ini, maka Anda akan bisa melihat gerbang Lembah Cinta Mattabulu yang didominasi dengan aksen kayu ini. Tak hanya itu saja, di pintu gerbang juga telah dilengkapi papan penunjuk yang berisi tentang berbagai wahana wisata dan aktivitas apa saja yang nantinya bisa Anda lakukan ketika berada di tempat satu ini. Tentu saja, hal ini akan memudahkan Anda untuk menentukan berbagai pilihan kegiatan apa saja yang ingin untuk Anda lakukan. Lembah cinta ini sudah ada sejak tahun 2018 yang di pelopori oleh bumdes pada ati desa mattabulu.

Memasuki kawasan wisata ini, maka nuansa asri dan sejuk yang bisa Anda dapatkan. Tak mengherankan, hal tersebut dikarenakan adanya hutan dan pohon pinus yang ada di wisata ini menambah hawa sejuk yang bisa Anda rasakan. Berwisata ke Lembah Cinta Mattabulu, maka tentunya akan banyak aktifitas yang Anda lakukan. Pertama, bagi Anda yang menyukai tantangan dan permainan yang memacu adrenalin, maka flying fox menjadi kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan.

Selama bermain flying fox ini, Anda juga bisa melihat berbagai macam pohon yang ada disini. Selain memacu adrenalin, pemandangan indah yang ada di sekitar tempat wisata ini pun bisa Anda nikmati dengan cara yang berbeda, ketika Anda menaiki flying fox. Tentu saja, bagi Anda yang membawa si kecil atau berlibur bersama sahabat, wajib hukumnya untuk mencoba wahana satu ini. Ditambah lagi dengan wahana outbond lain tentu saja tak bisa Anda abaikan begitu saja.

Apabila Anda belum puas menaiki flying fox, ada satu lagi wahana lain yang juga akan memicu adrenalin Anda, sebut saja sepeda terbang. Pada wahana satu ini Anda akan menaiki sepeda yang berada di atas ketinggian. Tak perlu khawatir untuk terjatuh, karena sistem keamanan telah terjaga sangat baik saat Anda menaikinya. Pasalnya, Anda telah dilengkapi dengan helm dan kait pengaman, sehingga dapat dipastikan Anda tidak akan terjatuh.

Kemudian, bagi Anda yang tidak terlalu suka permainan yang memicu degup jantung maka berfoto adalah kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di tempat satu ini. Sebab, lembah tersebut memiliki banyak sekali spot yang bisa Anda gunakan untuk berfoto. Mulai dari jalanan yang memang sengaja didesain dengan sangat apik dan estetik. Sehingga, ketika Anda berjalan maka akan bisa berhenti sejenak untuk memotret.

Selain itu, di sepanjang tempat wisata ini, banyak juga pohon pohonnya yang telah diberi papan berisi tulisan yang kekinian. Sehingga, Anda pun bisa sekaligus berfoto di bawah pohon tersebut. Beralih ke pemandangan yang ada di kawasan ini, tentu saja sangat apik untuk bisa Anda abadikan di layar kamera. Untuk mendapatkan posisi yang pas dalam mengambil view panorama alam disini, maka Anda bisa mengunjungi wahana pintu langit.

Setelah Anda lelah berkeliling tempat wisata satu ini, maka Lembah Cinta Mattabulu juga akan menyediakan fasilitas untuk bersantai. Dimana Anda bisa singgah ke gazebo yang ada di lokasi ini. Disini, Anda bisa bersantai sejenak sembari bercengkrama atau mengkonsumsi bekal yang telah Anda bawa dari rumah. Tak perlu takut kepanasan, gazebo yang ada disini telah dilengkapi dengan atap penutup sehingga Anda bisa berlindung dari teriknya sinar mentari.

Selain di gazebo, Anda juga bisa bersantai di hammock yang terpasang di antara dua pohon. Dengan pilihan warna yang beragam tersebut, akan menampilkan kesan estetik ketika berada di depan kamera. Untuk itu, Anda bisa sekaligus bersantai sembari mengambil gambar yang bagus ketika menaiki hammock tersebut. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk keluarga maupun dengan sahabat. Tak hanya itu di lembah cinta juga menyediakan kantin serta musholla dan villa sebagai tempat untuk rehat dan beribadah

Selain bermain dan juga bersantai, di Lembah Cinta Mattabulu, Anda juga bisa untuk menginap dan bermalam disini. Pasalnya pada destinasi wisata yang indah ini juga memiliki area yang dijadikan sebagai kawasan camping ground. Dengan luas tanah yang cukup besar tersebut membuat Anda bisa membawa tenda dan mendirikannya di tempat satu ini.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan camping, maka ketika datang ke kawasan ini Anda bisa membawa peralatan yang dibutuhkan. Pilihlah spot yang paling nyaman dan Anda sukai. Selanjutnya, dirikan tenda dan Anda pun bisa berkemah di tengah nuansa alam yang sangat menyegarkan. Di pagi hari pun Anda bisa melihat indahnya matahari terbit dari ufuk timur yang sangat mengagumkan.

Tak mengherankan, ketika Anda sedang berwisata ke tempat satu ini, maka Anda juga akan menemukan banyak orang yang sedang menghabiskan waktu untuk mendirikan tenda. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berada di kota Soppeng dan kebetulan tertarik untuk berkemah, maka Lembah Cinta Mattabulu menjadi lokasi tepat yang bisa untuk Anda kunjungi.

Wisata yang menawarkan panorama indah ini terletak di Desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata. Jika Anda berada di kota Soppeng, maka Anda akan menempuh jarak sekitar 10 km saja. Anda pun bisa mengunjungi tempat wisata satu ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun lebih baik Anda menghindari menggunakan mobil karena jalur menuju tempat wisata yang lumayan sempit.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat memukau. Selain itu, jalur yang dilalui pun tidak terlalu ekstrem sehingga Anda akan lebih santai untuk menempuhnya. Untuk Anda yang berangkat dari kota Soppeng, maka nantinya akan membutuhkan waktu tempat sekitar kurang lebih 30 menit saja, sehingga cukup dekat.

Karena memiliki cuaca yang cukup dingin, maka ketika Anda memutuskan untuk berkemah di tempat satu ini, usahakan untuk membawa jaket atau baju penghangat yang lain. Selain itu, bagi Anda yang datang kesini dengan menggunakan mobil maka sebaiknya perlu berhati hati. Pasalnya, jalur yang akan dilewati haruslah beriringan. Sehingga disarankan untuk membawa kendaraan roda dua saja.

Selain itu, karena tempat satu ini cukup luas maka disarankan untuk membawa air mineral pada saat mengelilingi kawasan lembah cinta sehingga nantinya Anda tidak akan kehausan ketika lelah. Ditambah lagi dengan panorama indah yang Anda dapatkan disini, maka kamera menjadi barang wajib untuk Anda bawa. Dengan begitu, Anda akan bisa mengabadikan momen ketika mengunjungi tempat ini. Gunakan pula jenis pakaian yang nyaman, agar nantinya Anda pun akan lebih mudah untuk beraktifitas.

Keindahan Lembah Cinta Mattabulu memang sudah tak diragukan lagi. Bagi Anda yang ingin mencari tempat untuk melepas penat atau wisata yang penuh dengan spot instagramable, maka destinasi ini sangat cocok. Anda bisa pergi bersama dengan keluarga atau sahabat ketika akhir pekan. Tentu saja, lokasi yang memiliki pemandangan yang menawan ini akan sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.