Pariwisata merupakan salah satu sektor penggerak perekonomian desa sehingga perlu diberi perhatian lebih agar dapat berkembang dengan baik. Guna mendorong sektor pariwisata, diperlukan berbagai upaya pengembangan pariwisata di mana salah satunya ialah gerakan Sadar Wisata. Gerakan Sadar Wisata merupakan konsep yang melibatkan partisipasi berbagai pihak dalam mendorong iklim yang kondusif bagi perkembangan pariwisata. Gerakan Sadar Wisata tersebut diwujudkan melalui adanya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang menjadi aktor penggerak kepariwisataan desa.
Kelompok Sadar Wisata, selanjutnya disebut dengan Pokdarwis, adalah kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta terwujudnya Sapta Pesona dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.
Konsep Sadar Wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata, melalui perwujudan unsur Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan unsur Kenangan.
Susunan Pengurus Kelompok Sadar Wisata Desa Mattabulu :

PEMBINA

PENASEHAT

KETUA
WAKIL KETUA
SEKRETARIS
BENDAHARA

: KEPALA DESA MATTABULU

: KETUA BPD MATTABULU

: ENRI ROSIHIN
: SUKRI
: SAPRIADI, SP
: UNI

SEKSI KETERTIBAN DAN KEAMANAN :
1. SAHARUDDIN
2. SAKKA
3. ARIDE
SEKSI KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN :
1. LAUGU
2. ARISAL
3. SINTA
SEKSI HUMAS DAN PENGEMBANGAN SDM :
1. ASDAR
2. RISKA
3. RASIA